Saturday, December 21, 2019

MENEMUKAN KETRAMPILANKU

Menemukan Ketrampilanku

Alhamdulillah setelah kemarin bermain dengan telur hijau dan menemukan hal-hal yang membuat mata berbinar dan bahagia, kini saatnya untuk menemukan ketrampilan apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas yang disukai tersebut. Adapun ketrampilan yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas tersebut adalah:
Ketrampilan yang penting dan mendesak untuk dikuasai antara lain:
  • Ketrampilan manajemen waktu
  • Ketrampilan mengelola endurance tubuh
  • Ketrampilan bermain dengan anak
  • Ketrampilan menulis

Sedangkan ketrampilan yang tidak penting tapi mendesak untuk dikuasai adalah:

  • Ketrampilan memasak cepat
  • Ketrampilan mengurus pakaian
  • Ketrampilan beberes rumah
Adapun ketrampilan yang penting dan tidak mendesak adalah:
  • Ketrampilan manajemen bimbel
  • Ketrampilan mengatur menu
  • Ketrampilan membuat bank soal
  • Ketrampilan mengatur budget
Dan ketrampilan yang tidak penting dan tidak mendesak adalah:
  • Ketrampilan mencari mentor penulis
  • Ketrampilan mencari komunitas penulis
  • Ketrampilan mencari bahan bacaan
Dan dari semua ketrampilan tersebut, yang ingin segera saya tingkatkan kemampuan maupun menambah jam terbang adalah:

  1. Manajemen waktu. Untuk saat ini hal terpenting yang harus saya kuasai adalah manajemen waktu. Mengingat saya bekerja di ranah publik dan juga ranah domestik dan juga bekerja di rumah, maka manajemen waktu sangat mutlak saya perlukan.
  2. Ketrampilan mengelola endurance tubuh. Karena saya bekerja di ranah publik dan juga domestik, saya sering merasa kecapekan yang mengakibatkan pekerjaan ranah domestik saya terbengkalai. 
  3. Ketrampilan bermain dengan anak. Saya kurang suka bermain dengan anak karena belum tahu ilmunya. Hal ini menyebabkan anak saya lebih suka main di luar dari pada main sama bundane.
  4. Ketrampilan menulis. Dari dulu passion saya menulis tapi saya kurang terampil berlatih. Dengan mencari ketrampilan menulis, saya ingin passion saya semakin terasah.
  5. Ketrampilan memasak cepat. Saya ingin menikmati aktivitas yang saya sukai tapi dibsisi lain, saya berkewajiban menyiapkan menu makan keluarga. Oleh sebab itu ketrampilan memasak dengan cepat sangat saya perlukan untuk mendukung aktivitas saya.
Demikianlah ketrampilan yang saya ingin kembangkan dalam waktu dekat ini agar aktivitas yang saya sukai bisa saya lakukan dengan bahagia.


#janganlupabahagia
#jurnalminggu2
#materi2
#kelastelurtelur
#bundacekatan
#Buncekbatch1
#BuncekIIP
#institutibuprofesional


No comments:

Post a Comment