Monday, January 6, 2020

MENEMUKAN CARA BELAJAR

Setelah menemukan hal-hal yang disukai di telur hijau dan ketrampilan yang diperlukan untuk melakukan hal-hal tersebut di telur merah, kini saatnya menemukan ilmu apa saja yang dibutuhkan untuk bisa nyaman dalam melakukan aktivitas di telur hijau atau pun menyelesaikan faktor penghambat untuk melakukan aktivitas di telur hijau dan menemukan cara belajar yang gue banget di telur oranye.

Adapun ilmu yang ingin saya kuasai dalam 5 bulan ke depan adalah:
  1. Ilmu manajemen waktu. Ilmu ini sangat saya perlukan untuk mengatur aktivitas saya sehari-hari. Mengingat saya bekerja di ranah publik dan juga domestik, jadi waktu 24 jam sehari semalam rasanya masih kurang untuk menyelesaikan semua tugas saya. Dengan ilmu ini saya berharap bisa mengatur waktu saya secara efektif sehingga saya mempunyai kelebihan waktu untuk menekuni hal yang saya sukai.
  2. Ilmu mengelola ketahanan tubuh. Ilmu ini juga saya butuhkan untuk mendukung saya melakukan semua aktivitas saya. Mengingat selama ini saya sering sudah merasa kecapekan bekerja di ranah publik. Sehingga pekerjaan domestik saya banyak terbengkalai.
  3. Ilmu memasak cepat. Ilmu ini saya perlukan untuk mendukung saya melakukan semua aktivitas apalagi untuk menekuni hal yang saya sukai.
  4. Ilmu membersamai anak/ilmu quality time dengan anak. Ilmu ini sangat saya perlukan karena keterbatasan waktu saya dalam membersamai anak-anak. Kurangnya keterampilan dalam bermain dengan anak menyebabkan anak saya lebih suka bermain di luar rumah daripada bersama bundanya.
  5. Ilmu mengajar yang efektif. Ilmu ini ingin saya asah lebih dalam. Mengingat inilah kegiatan utama saya saat ini. Saya ingin kembangkan kemampuan ini untuk meningkatkan grade kemampuan mengajar dari basic ke intermediate bahkan ke advance.
Sedangkan alasan utama saya untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut adalah agar saya bisa menyelesaikan tugas domestik dan publik saya dengan efektif sehingga saya bisa menekuni kegiatan yang saya sukai dengan lancar tanpa ada yang merasa terdholimi. Dan agar saya bisa menyelesaikan semua tugas saya secara efektif sehingga saya punya waktu luang untuk menekuni hal-hal yang saya sukai.

Adapun sumber ilmu yang akan saya gali demi mempelajari ilmu-ilmu tersebut adalah:
Dari Googling
Dari buku yang relevan
Dari kulwap atau pun jika ada seminar yang sesuai dengan ilmu yang sedang saya pelajari baik online maupun offline.
Dari bertanya langsung kepada orang yang sudah berpengalaman
Dari praktek sendiri secara langsung

Cara belajar yang efektif untuk diterapkan pada diri saya adalah dengan melihat video atau audio sambil membuat ringkasan, tak lupa ditemani camilan atau minuman hangat hehe. Atau dengan membaca buku di tempat atau ruangan sepi sambil memberi highlight dan membuat ringkasan. Atau cara yang lain adalah dengan praktek secara langsung dan trial error berkali-kali sehingga menemukan hal-hal baru yang lebih tepat diterapkan.

Demikianlah ilmu yang ingin saya kuasai dalam 5 bulan ke depan beserta my strong why dan juga alasan beserta sumber belajar serta cara belajar. Kalo bunda-bunda bagaimanakah?

#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional





No comments:

Post a Comment