Tuesday, October 27, 2020

MEMBANGUN PONDASI KARAKTER

 Alhamdulillah segala puji bagi Alloh sang segala pemberi kemudahan, sholawat serta salam senantiasa teruntuk nabi besar Muhammad SAW. Alhamdulillah 2 minggu kemarin yang waktunya lahiran, jurnal libur. Trus seminggu kemarin, masih mendapat kemudahan bisa mengerjakan jurnal tepat waktu, meski disambi busui, meski disambi rempong menemui sanak saudara yang ikut bersuka cita atas kelahiran debay.

Alhamdulillah pula, meski lahiran ketiga ini dengan proses sc, tapi mendapat kemudahan soal biaya, karena menggunakan bpjs. Alhamdulillah pula, ada tetangga yang bisa membantu jadi art meski hanya sebulan, sehingga busui bisa konsentrasi pemulihan pasca sc, sekaligus bisa ngerjain tugas bunprod dengan lebih leluasa.
 
Kembali ke jurnal, untuk minggu ini, tugas kami adalah menganalisis karakter yang bisa memicu pertumbuhan, delays character atau karakter yang bisa menunda kesuksesan, serta risk character atau karakter yang bisa menghalangi keberhasilan proyek dalam grup cluster.

Adapun boost character yang ingin dipertajam atau dilatihkan ke masing2 individu anggota cluster adalah sebagai berikut:
1. Commitment: mbak Nurul Ch., mbak Yesi
2. Konsisten: mbak Iis
3. Disiplin: mbak Mesa
4. Fast Learner: mbak Lia, mbak Kiky
5. Empati: mbak Elok
6. Toleran: Ummu Sofwa
7. Bertanggungjawab: mbak Sari
8. Persistent: Endah, mbak Wita

Persistent adalah karakter yang ingin saya latihkan kepada diri saya dalam 6 bulan ke depan. Yaitu karakter yang bermakna gigih, teguh, terus menerus, dan berkesinambungan. Yaitu meskipun dalam tahap bunprod ini banyak kendala dan kesulitan yang dihadapi, namun saya ingin berjuang dengan gigih dan tangguh, demi ilmu yang insyaalloh berbarokah sehingga bisa lulus bunprod dan mendapat ilmu yang bermanfaat, amin.
Adapun delays character yang bisa menghambat project passion cluster literasi bahasa 3 adalah:
1. Menunda
2. Tidak peduli
3. Ragu-ragu
4. Moody

Sedangkan Risk Character atau sifat-sifat yang beresiko menggagalkan proyek kelompok adalah:
1. Membanding-bandingkan
2. Kritik tanpa saran
3. Tidak bertanggungjawab
4. Memandang rendah hasil kerja orang lain
5. Mudah putus asa, tidak percaya diri
6. Bossy
7. Mengundurkan diri




#HexagonCity

 #Hexagonia

 #CharacterToNation

 #KuliahBundaProduktif

 #InstitutIbuProfesional

No comments:

Post a Comment