Wednesday, December 16, 2020

Video Pembelajaran, Salah Satu Alternatif Media Pembelajaran di Masa Pandemi

 “Bu, kapan sekolah masuk?”

Pertanyaan seperti itu sering kali kudengar dari mulut mungil murid-muridku. Bukan hal yang aneh ketika mereka bertanya seperti itu. Pandemi covid 19 atau yang lebih dikenal dengan virus corona, telah merenggut kesempatan mereka untuk belajar secara ceria di sekolah bersama teman-teman mereka. Hal itu juga yang membuat mereka harus belajar secara online dari rumah.

Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara langsung, face to face, terpaksa harus diberhentikan secara tiba-tiba. Padahal cara itu yang lebih mengena dan efektif dibandingkan hanya lewat gadget. 


Adapun sebagai gantinya, banyak platform digunakan agar pembelajaran secara online itu bisa berjalan secara efektif. Diantaranya melalui wag, zoom, video pembelajaran dan lain sebagainya. 

Wag (WA group) adalah aplikasi yang paling ringan. Namun jika tidak disertai gambar, kurang bisa memberi penjelasan bagi anak tipikal visual. Demikian juga jika tidak disertai penjelasan voice recording, kurang bisa memahamkan anak tipikal auditory. Adapun zoom adalah aplikasi lain yang juga sering digunakan. Namun kelemahan aplikasi ini adalah memakan kuota yang banyak, dan membutuhkan jaringan internet yang stabil. Adapun video pembelajaran bisa menyatukan kebutuhan anak visual dan juga auditori. Karena dalam video pembelajaran ada gambar, suara dan juga penjelasan. Namun kelemahannya tidak bisa komunikasi 2 arah dan butuh energi ekstra dari guru untuk membuatnya. Walaupun juga butuh kuota yang tidak sedikit untuk membukanya, namun video pembelajaran masih lebih ringan dibandingkan zoom. Oleh karena itu banyak guru yang berinisiatif untuk membuatnya.

Pelajaran -pelajaran yang tergolong sulit bagi siswa, seperti matematika, fisika, maupun bahasa Inggris, sangat mungkin untuk disampaikan melalui video pembelajaran dalam situasi pandemi semacam ini. Dan banyak pula channel Youtube yang bermunculan yang memuat video pembelajaran, salah satunya adalah channel endah tw. Channel ini membahas pelajaran bahasa Inggris untuk anak SD.

Namun sebaik-baik video pembelajaran, masih tetap lebih mengena pembelajaran secara langsung. Semoga pandemi covid ini segera selesai, sehingga kehidupan bisa normal kembali, termasuk proses pembelajaran bisa berlangsung seperti dulu lagi, amin.


No comments:

Post a Comment