Tuesday, December 22, 2020

X-tra Miles yang Membahagiakan

 Alhamdulillah masih bertemu di pekan kedua x-tra miles. Di pekan ini tantangan yang diberikan founding mothers alias bu Septi adalah membuat suatu kegiatan x-tra miles baik untuk kegiatan pribadi, kegiatan di Hexagon City, project pribadi maupun project passion. Mulai dari metencanakan, melaksanakan, menambah x-tra miles, melaksanakan dan merasakan efek dari pelaksanaan x-tra miles tersebut.

Bertemu dengan masalah receh namun meresahkan bagi saya yaitu masalah cucian bayi dan mbak serta kakaknya yang tiap hari harus tercuci karena jika tidak, tidak ada popok ganti bayi, membuat saya berfikir untuk menemukan solusi. Adapun solusi yang saya fikirkan adalah bagaimana caranya cucian bisa tercuci dan pagi hari saya tetap bisa masak dan melakukan aktifitas lainnya termasuk pergi ke sekolah.


Maklum dua bulan sebelumnya pasca lahiran SC, saya dibantu tetangga untuk menyelesaikan semua urusan rumah tangga, mulai dari mencuci sampai melipat, memasak dan bersih-bersih rumah. Jadi ketika bulan ini tetangga yang membantu sudah off, saya sempat kelimpungan untuk berfikir bagaimana menyelesaikan semua pekerjaan rumah tangga termasuk mencuci.

Ide x-tra miles untuk menyelesaikan masalah cucian itu adalah mencuci di waktu sore hari. Alhamdulillah pelaksanaan ide tersebut berjalan lancar. Sore setelah mandi saya bisa mencuci, dan besok paginya tinggal menjemur, sehingga tidak menyita waktu masak dan kegiatan pagi lainnya.

Setelah itu saya ingin menambah effort lagi dengan ide mencuci bukan hanya sekali. Keesokan harinya saya laksanakan ide tersebut yaitu saya mencuci sore setelah mandi dan pagi setelah semua anak mandi dan cucian kotor terkumpul. 

Impact yang saya rasakan alhamdulillah, pekerjaan mencuci yang sebelumnya terasa sangat berat dan membosankan, dengan tambahan effort x-tra miles, berubah menjadi kegiatan yang ringan dan menyenangkan.

Begitu juga dengan aktifitas alih bahasa di project passion literasi bahasa 3. Yang semula dijadwal menerjemahkan 5 kata perhari, dengan effort x-tra miles menjadi 10/hari dan tambahan effort lagi menjadi menerjemahkan semua kosakata yang belum diterjemahkan, membuat aktifitas tersebut menjadi ringan dan menggembirakan. Ya ternyata kita bisa jika kita berfikir kita bisa melakukannya. 




#HexagonCity

#Hexagonia

#ZonaXtraMile

#ChallengeDeepDive

#KuliahBundaProduktif

#InstitutIbuProfesional

No comments:

Post a Comment