Saturday, April 29, 2017

Mari Mencuci Motor




                Hari Jumat merupakan hari libur Fikri dari sekolah PAUD. Biasanya saya juga libur karena tidak mempunyai jam mengajar. Tapi hari ini tanggal 28 April 2017 bertepatan dengan UAS kelas IV mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris yang merupakan mapel yang saya ampu, jadi hari ini saya pun masuk sekolah.
                Seperti biasa bila ditinggal bundanya berjuang (bahasa keren saya untuk istilah bekerja), Fikri akan bermain bersama mbah kung atau mbah utinya. Dia bisa ikut mbah kungnya mencangkul di kebun belakang, atau menemani mbah uti menyapu di halaman depan plus bakar-bakar sampah, lihat video, atau menyusun balok.  Setelah pagi sampai siang bermain, dia akan minta ditemeni bubuk siang sampai jam 1 an siang.
                Setelah bangun tidur, dia menemani bundanya ngelesi sekaligus bermain dengan mbak-mbak dan mas-mas. Setelah kelas terakhir selesai, dia biasanya menemani bunda bersih-bersih sambil bersepeda.
                Karena sore itu, kelas selesai masih jam 16.30 sore kurang maka saya ajak dia bakar-bakar sampah setelah proses menyapu dan beres-beres bangku selesai. Betapa girangnya Fikri ketika diajak melakukan kegiatan nyata seperti membakar sampah tersebut. Tanpa rasa takut terhadap api dia mencari kayu untuk mengorek-orek daun-daun kering agar terbakar api.
                Selesai membakar sampah, karena waktu masih jam 5 kurang, saya ajak dia mencuci motor yang sudah kotor banget tersebut. Senangnya bukan main dia bisa berbasah-basahan sambil mencuci motor. Dia pun berusaha melakukan apa yang seharusnya dilakukan ketika mencuci motor. Mulai menuang sabun ke ember, membasahi motor dengan air menggunakan selang, sampai menyabuni dan membilas. Maklum dia sudah sering diajak ayahnya mencuci motor, jadi hal-hal yang dilakukan ketika mencuci motor sudah tidak asing lagi baginya.
                Alhamdulillah beberapa pembelajaran dengan kegiatan nyata sudah dipelajari Fikri hari itu. Ketika melihat antusiasmenya dalam melakukan kegiatan-kegiatan nyata, mengindikasikan gaya belajarnya yang kinestetik, begitu juga dengan keaktifannya bergerak kesana kesini. Tapi sejauh ini saya belum yakin juga, masih ingin terus mengamati gaya belajarnya sampai minimal 10 hari.

#TantanganHari5
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

No comments:

Post a Comment