Tuesday, May 2, 2017

Mandi Bola dan Naik Kereta Thomas



            Dunia bermain merupakan dunia yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan anak-anak. Dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali, anak-anak tidak bisa terlepas dari pola bermain dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Dengan bermain mereka belajar banyak hal. Pun bermain juga membuat hati riang dan gembira.
            Hal serupa juga terjadi dengan Fikri, dia pun sangat suka bermain seperti anak-anak yang lain. Dari mulai bangun tidur, dia biasanya sudah main mobil-mobilan padahal belum cuci muka hehe. Berlanjut siang sambil makan dia kadang juga sepedaan, bahkan waktu ngaji pun sambil pegang bus, truk dan mobil-mobilan lainnya hehe.
            Selain bermain di rumah, Fikri pun sangat senang bermain di luar seperti mandi bola, naik odong-odong, renang dan juga naik kereta Thomas. Namun hal-hal tersebut kadang belum bisa dilakukan mengingat untuk arena bermain seperti itu hanya ada di sekitar pasar yang berjarak kira-kira 8 km dari rumah, padahal saya takut kalau nganter sendiri malam hari.
            Alhamdulillah pada hari Sabtu ini ayah libur mengajar malam, jadi bisa mengantar Fikri bersama bunda ke area permainan. Pertama dia naik istana bola dimana anak-anak bisa loncat-loncat di atasnya seperti main trampoline. Setelah itu masih minta mandi bola dan terakhir minta mampir di supermarket yang depannya ada kereta thomasnya, dan berbekal 2 koin dia bisa naik kereta Thomas yang berputar sekitar 3-4 menit. Alhamdulillah, kami ayah bundanya merasa bahagia setelah mengantarkan Fikri bermain kesukaannya tersebut. Mengingat moment ayah libur pada sabtu malam minggu itu jarang sekali terjadi. Hanya ketika pondok tempat ayah mengajar sudah libur, barulah ayah bisa libur hehe.
            Selama Fikri bermain kadang dia bisa dengan mudahnya berkawan dengan teman yang sama-sama bermain di situ. Dan ketika bermain dia bisa sambil bergumam atau berteriak menyanyi sendiri. Selain itu dia tampak sangat enjoy dengan permainan tersebut. Sampai-sampai bila tidak diajak pulang, dia pun tidak mau pulang. Memang terlalu dini lagi-lagi untuk menyimpulkan, tapi kenapa saya selalu berasumsi bahwa Fikri cenderung kinestetik dan auditori, yaitu karena dia suka sekali melakukan kegiatan nyata, dan juga dia suka bersuara sendiri bahkan menyanyi sendiri dan lain-lain. Tapi saya masih belum yakin. Masih akan terus saya amati sampai hari habis masa tantangan level 4 ini insyaalloh.

#TantanganHari6
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

No comments:

Post a Comment