Saturday, August 5, 2017

BERNYANYI SAMBIL BELAJAR BERHITUNG



Hari Sabtu ini adalah hari aktif. Dalam arti Fikri masuk sekolah, saya pun juga masuk. Pagi-pagi setelah mengantar ayah berangkat, saya dan Fikri kadang masih kembali ke kamar sebentar, sebelum memulai aktifitas dapur kembali. Di atas kasur kadang Fikri ngaji sebentar, kadang belajar sebentar ataupun kali ini kami menyanyi bersama. Bernyanyi dua mata saya adalah cara kami belajar Matematika saat itu.
                Dua mata saya
                Hidung saya satu
                Dua kaki saya pakai sepatu baru
                Dua telinga saya
                Yang kiri dan kanan
                Satu mulut saya
                Tidak berhenti makan
Tepuk tangan anak-anak hehe, begitu canda saya setelah Fikri selesai bernyanyi. Selanjutnya dia saya tanya-tanya kembali tentang lagu tersebut. “Kakak matanya ada berapa?”, tanya saya. “Dua”, jawabnya. “Pinter”, puji saya. “Trus hidungnya ada berapa?”, tanya saya sambil mencolek pipinya karena gemes. “Satu”, jawabnya. “Bagus”, puji saya. “Lha kalau lubang hidungnya ada berapa ya?”, lanjut pertanyaan saya. “Mmm ada dua”, jawabnya sambil nyengir kuda. “Pinter hehe”, puji saya. “Lha kalau kupingnya ada berapa?”, tanya saya lagi. “Ada dua”, jawabnya sambil memegangi kupingnya.
                “Lha kalau tangan sama kakinya masing-masing ada berapa?”, tanya saya lagi. “Ada dua”, jawabnya sambil mengangkat tangan dan kakinya ke atas hehe. “Lha trus kalau jari kaki kakak ada berapa?”, tanya saya lagi. “Satu, dua, tiga,......, sepuluh bunda”,  jawabnya setelah menghitung jari kakinya yang masih diangkat. “Pinter”, puji saya. “Lha kalau jari tangannya ada berapa ya?”, tanya saya. “Eh ada berapa ya, satu, dua, tiga,........., sepuluh”, jawabnya antusias. “Alhamdulillah kakak bisa menyebutkan jumlah anggota tubuh, tepuk tangan...plok plok plok”, puji saya sambil tepuk tangan.
                Setelah belajar sambil bernyanyi sebentar, waktunya saya segera ke dapur. Alhamdulillah hari ini Fikri telah belajar berhitung dengan bernyanyi. Sangat menyenangkan ternyata. Tanpa beban berpikir dan ternyata mengandung muatan pelajaran berhitung hehe. Semoga ke depannya Fikri bisa belajar Matematika lagi dengan cara yang fun dan seklaligus menyukai pelajaran tersebut, amin.

#Hari10
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#IloveMath
#MathAroundUs




No comments:

Post a Comment