Thursday, August 3, 2017

MENGHITUNG JUMLAH RODA KENDARAAN




            Hari Minggu merupakan hari libur bagi saya dan Fikri. Dulu waktu ayahnya belum dapat jadwal mengajar pada hari Minggu, kami biasanya menghabiskan liburan bersama dengan berenang atau dengan jalan-jalan ke tempat terdekat. Tapi karena sekarang ayahnya mendapat jadwal mengajar hari Minggu (suami mengajar di SMA yang jadi satu dengan ponpes, jadi liburnya hari Jumat), jadi tiap hari Minggu Fikri di rumah sama saya menemani menyetrika. Sambil duduk di kasur, dia melihat gambar-gambar yang biasa ditempel di dinding. Koleksi gambarnya ada sayuran, buah-buahan, kendaraan, dll. Kali ini dia mengambil gambar macam-macam kendaraan. Oleh karena itu segera dia saya tanyai berapa rodanya.
            “Ayo kakak, sepeda motor rodanya ada berapa?” tanya saya.
            “Ada dua”, jawabnya. “Pinter”, puji saya.
            “Trus kalo mobil ada berapa hayo rodanya?”, tanya saya lagi.
            “Ada empat”, jawabnya. “Bagus”, respon saya.
            “Kalo cikar yang ditarik sapi, ada berapa kak rodanya?”, tanya saya lagi.
            “Ada dua”, jawabnya. “Pinter”, respon saya.
            “Lha kalau roda sepeda kakak jumlahnya ada berapa?” tanya saya lagi.
            “Ada dua”, jawabnya. “Loh kok Cuma dua to kak? Lha roda belakang kok ga dihitung to?”, tanya saya, karena roda sepeda Fikri masih ada roda kecil belakang biar tetap bisa berdiri.
            “Eh empat ding”, jawabnya mengoreksi jawabannya tadi yang salah.
            “Pinter!” puji saya.
            Alhamdulillah Fikri hari ini telah belajar matematika sederhana hehe. Walaupun kadang-kadang dia suka uring-uringan bila dalam kondisi libur dan tidak ada kesibukan, Alhamdulillah walaupun dengan cara sederhana seperti itu bisa membuatnya sibuk dan bermain sambil belajar.

           

#Hari7
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#IloveMath
#MathAroundUs



No comments:

Post a Comment