Setelah
selesai ngelesi sore hari, saya selalu beres-beres bangku anak-anak, kemudian
menumpuk bangku tersebut agar rapi, trus kemudian menyapu lantai terus membuang
sampah ke tempat sampah sekaligus membakarnya. Selama proses bersih-bersih
tersebut, biasanya Fikri selalu menemani sambil sepedaan dari teras ke pinggir
jalan kemudian balik lagi naik ke teras lagi. Karena kami tinggal di desa di
rumah bapak ibu saya, jadi alhamdulillah masih ada halaman yang luas untuk sepedaan
maupun main sepakbola hehe. Saat itu sambil merapikan bangku, saya main
tebak-tebakan tentang bentuk dengan Fikri.
“Kakak
papan tulis ini bentuknya apa hayo?”, tanya saya. “Mmm apa ya, kotak”,
jawabnya. “Iya bagus”, respon saya membenarkan jawaban sederhananya. “Apa lagi
hayo yang bentuknya kotak?”, tanya saya. “Apa ya?”, jawabnya yang benar-benar
belum tahu jawabannya. “Yang bentuknya kotak bisa TV, kotak susu kakak, dan
juga kotak sepatu”, jawab saya memberitahunya. “Lha kalau yang bentuknya bundar
apa hayo?”, tanya saya lagi. Berbeda dengan pertanyaan sebelumnya yang dia
tidak bisa menjawab, kali ini dia segera menjawab dengan lantang. “Bola”,
“Bagus”, puji saya. “Jam (dinding)”, jawabnya sambil matanya melirik ke tembok.
“Iya bagus”, jawab saya. “Kelereng”, jawabnya lagi. “Bagus”, puji saya dengan
jawaban sederhananya.
“Lha
kalau benda yang bentuknya segitiga apa kak?”, tanya saya lagi. Dia pun belum
bisa menjawab, wah mungkin ini pertanyaan yang belum pantas untuk anak TK kecil
ya kok Fikri belum bisa jawab hehe. “Kakak yang bentuknya segitiga ini loh
rangka sepedanya kakak, penggaris, dan juga marka jalan”, jawab saya
menjelaskan. “Kakak belum bisa ya, kalau belum, besok-besok belajar tentang
bentuk lagi ya, sambil bermain”, kata saya lagi. “Iya bunda”, jawabnya nyengir
masih sambil sepedaan. Alhamdulillah pekerjaan beres-beres dan bersih-bersih
sudah selesai, saatnya untuk mandiin Fikri dan melanjutkan aktifitas sore
lainnya. Tak lupa selalu terselip doa agar Fikri menyukai Matematika dan tidak bosan
untuk mempelajarinya, amin.
#Hari9
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#IloveMath
#MathAroundUs
No comments:
Post a Comment