Saturday, August 5, 2017

MENGENAL BERBAGAI MACAM BENTUK



Setelah selesai ngelesi sore hari, saya selalu beres-beres bangku anak-anak, kemudian menumpuk bangku tersebut agar rapi, trus kemudian menyapu lantai terus membuang sampah ke tempat sampah sekaligus membakarnya. Selama proses bersih-bersih tersebut, biasanya Fikri selalu menemani sambil sepedaan dari teras ke pinggir jalan kemudian balik lagi naik ke teras lagi. Karena kami tinggal di desa di rumah bapak ibu saya, jadi alhamdulillah masih ada halaman yang luas untuk sepedaan maupun main sepakbola hehe. Saat itu sambil merapikan bangku, saya main tebak-tebakan tentang bentuk dengan Fikri.
                “Kakak papan tulis ini bentuknya apa hayo?”, tanya saya. “Mmm apa ya, kotak”, jawabnya. “Iya bagus”, respon saya membenarkan jawaban sederhananya. “Apa lagi hayo yang bentuknya kotak?”, tanya saya. “Apa ya?”, jawabnya yang benar-benar belum tahu jawabannya. “Yang bentuknya kotak bisa TV, kotak susu kakak, dan juga kotak sepatu”, jawab saya memberitahunya. “Lha kalau yang bentuknya bundar apa hayo?”, tanya saya lagi. Berbeda dengan pertanyaan sebelumnya yang dia tidak bisa menjawab, kali ini dia segera menjawab dengan lantang. “Bola”, “Bagus”, puji saya. “Jam (dinding)”, jawabnya sambil matanya melirik ke tembok. “Iya bagus”, jawab saya. “Kelereng”, jawabnya lagi. “Bagus”, puji saya dengan jawaban sederhananya.
                “Lha kalau benda yang bentuknya segitiga apa kak?”, tanya saya lagi. Dia pun belum bisa menjawab, wah mungkin ini pertanyaan yang belum pantas untuk anak TK kecil ya kok Fikri belum bisa jawab hehe. “Kakak yang bentuknya segitiga ini loh rangka sepedanya kakak, penggaris, dan juga marka jalan”, jawab saya menjelaskan. “Kakak belum bisa ya, kalau belum, besok-besok belajar tentang bentuk lagi ya, sambil bermain”, kata saya lagi. “Iya bunda”, jawabnya nyengir masih sambil sepedaan. Alhamdulillah pekerjaan beres-beres dan bersih-bersih sudah selesai, saatnya untuk mandiin Fikri dan melanjutkan aktifitas sore lainnya. Tak lupa selalu terselip doa agar Fikri menyukai Matematika dan tidak bosan untuk mempelajarinya, amin.  

#Hari9
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#IloveMath
#MathAroundUs

No comments:

Post a Comment