Tuesday, June 13, 2017

Membaca Bersama yang Menyenangkan



                Alhamdlillah hari ini Minggu, 11 Juni 2017, kami baru bisa memulai kegiatan membaca bersama. Sebenarnya ingin banget segera memulai mengerjakan tugas tantangan 10 hari sejak hari pertama Kamis kemarin, tapi apalah daya. Jumat masih memasak plus menyiapkan acara bukber anak-anak les. Sedangkan Jumat Sabtu nglembur koreksi dan merekap nilai anak-anak. Ditambah sorenya mudik eh liburan ke rumah mertua. Walo cuma sekota tapi persiapan keberangkatannya lumayan menyita energi juga hehe.
                Dan karena sedang berada di rumah mertua, kami, saya dan Fikri anak semata wayang kami (semoga segera dianugerahi adik, amin), memanfaatkan buku-buku yang ada di kamar suami. Karena suami tidak begitu hobi membaca, berbeda dengan saya yang hobi banget baca walau cuma buku pinjeman hehe, jadi koleksi buku yang ada juga terbatas. Tapi alhamdulillah ada buku Kamus Anak Jenius Tematis 3 Bahasa untuk anak-anak yang bisa kami baca.
                Sebelumnya saya memang sudah bilang ke Fikri, “Dek nanti kita membaca bersama ya, setelah membaca, kita tulis di kertas trus ditempel di pohon literasi”. Fikri mengangguk dan menimpali, “Iyaa”. Trus suatu ketika dia main sama teman-temannya, dia cerita ke teman-temannya sambil nyeletuk pohon rekreasi  hehehe. Waduh nak pohon literasi kok jadi pohon rekreasi  sih.
                Pagi ini waktu kami membaca bersama, Fikri lumayan antusias. Ketika saya sodori dia kamus untuk memilih membaca bab apa, diamemilih bab sayuran. Alhamdulillah sebelumnya Fikrisedikit-sedikit  sudah kenal dengan gambar dan kosakata buah-buahan. Jadi ketika membaca bab sayuran ini dia malah menghafal angkanya, karena angka 1-10 dia sudah lumayan hafal, bukan fokus 100% pada kosakatanya hehe gapapa nak yang penting mau membaca.
                Dan karena bentuk kamus tematis ini yang sebelah kiri berupa gambar bernomor, dan sebelah kanan berupa kosakata yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan Arab, jadi lumayan bisa buat main tebak-tebakan nomor segini gambar apa. Jadi alhamdulillah membaca bersama yang pertama ini lumayan menyenangkan bagi Fikri. Karena dia menikmati melihat gambar sayur warna-warni ditambah dia belajar menghafal angka, jadi alhamdulillah kami bisa menghabiskan membaca 1 bab tentang sayur sayuran dan apotik hidup ini, padahal biasanya dia suit buat berkonsentrasi lama hehe alhamdulillah. Semoga proses membaca selanjutnya bisa senyaman dan menyenankan seperti ini amin.

#Hari1             
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIp
#ForThingsto ChangeIMustChangeFirst

No comments:

Post a Comment