Thursday, June 15, 2017

Membaca Bersama yang Sangat Singkat

      Mulai kemarin sore sampai hari ini Fikri lagi di rumah utinya (rumah mertua).  Karena kebetulan kemarin ada acara bukber sekeluarga besar sekolah suami,  jadilah kami menginap sekalian hari ini suami mengurus STNK motor yang hilang. Jadi saya dan Fikri menunggu di rumah uti.
      Seperti biasa di rumah utinya Fikri bermain dengan sepupu ya mas Rafi. Dari bangun tidur sampai mas Rafi berangkat sekolah.  Setelah masnya berangkat,  Fikri yang merasa kesepian akhirnya mengambil buku yang biasa dibaca dari kamar ayah,  yaitu Kamus Anak Jenius Tematik 3 Bahasa.  Kali ini dia pengen dibacakan bab arah dan lokasi halaman 118. Pada bab ini dijelaskan tentang arah atau tempat misalnya di,  di dalam,  di atas dsb.
      Namun agaknya Fikri tidak menikmati proses membaca kali ini.  Baru dibacakan 3  nomor dari total 20  an kosakata yang ada pada bab tersebut,  dia sudah minta berhenti dari kegiatan membaca tersebut.  Entah apa karena gambar pada buku tersebut kurang warna warna (pada bab tersebut gambar hitam putih), ataukah dia kecapean,  atau bab yang dibaca tersebut sangat asing baginya sehingga membuatnya pusing dan jenuh entahlah.
Namun sesingkat apapun proses membaca kali ini,  saya tetap bangga akan idenya untuk mengajak membaca bersama.  Idenya untuk memilih bab yang dia baca serta keinginannya untuk bisa membaca.  Semoga dengan berjalannya waktu,  Fikri tidak hanya bersemangat mengajak membaca.  Tapi juga faham dan mengerti apa yang dia baca amin.

#Hari5
#Game5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunSayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

No comments:

Post a Comment