Tuesday, June 13, 2017

Membaca Fabel Ally, Bobo dan Bobi




Pada hari kedua membaca bersama ini, Fikri memilih untuk membaca buku bergambar dengan judul Fabel ABC. Masih dalam bentuk buku bergambar warna-warni dan berbahasa Inggris yang disertai terjemahan bahasa Indonesia. Buku ini berisi cerita singkat tentang hewan per abjad, mulai A sampai Z. Pada tiap bab ada 1 huruf yang berisi kosakata bahasa Inggris yang dimulai dengan huruf tersebut, kemudiandituangkan dalam bentuk cerita. Misalnya pada huruf A ada kosakata ant, allygator, apple dan lain-lain.           
Alhamdulillah buku bergambar warna-warni ini lumayan menyenangkan untuk dibaca bersama, terbukti Fikri (4 year 9 months) bisa sekaligus membaca sampai 3 bab, bab A, B dan C. Dalam membaca tiap bab tidak lupa saya selipkan nilai-nilai moral ke anak kami Fikri. Juga saya mengajaknya untuk memperluas pengetahuan dengan mengembangkan bacaan. Misalnya pada bab 1 si Ally (seorang buaya), sedang naik pesawat. Maka saya kembangkan dengan pertanyaan pendukung, yang menyetir pesawat namanya apa?, pesawat berhenti dimana? Dll.
Kemudian pada bab 2 ada Bobi (si lebah) yang dihibur oleh si Bobo (si beruang). Pada cerita itu si Bobo berusaha menghibur si Bobi yang sedih karena balonnya meletus. Maka saya selipkan pertanyaan kalo teman bersedih sebaiknya dek Fikri gimana?, makan buah pisang itu bagus ndak? Dengan antusias Fikri menjawab “Bagus”. Padahal tiap hari dia tidak begitu suka buah pisang. Padahal hampir tiap hari di rumah tidak pernah sepi dari pisang. semoga dengan memasukkan nilai moral melalui cerita seperti ini Fikri akan lebih mudah menerima daripada memberitahu secara langsung.

#Hari2
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIp
#ForThingsto ChangeIMustChangeFirst

No comments:

Post a Comment