Saturday, July 29, 2017

BELAJAR MENIMBANG



                       
            Kebetulan mbah uti di rumah punya timbangan seperti yang biasa dipakai penjual sayur. Timbangan itu biasa digunakan mbah uti untuk menimbang beras atau gula atau yang lainnya. Setelah beberapa hari timbangan tersebut dipinjam tetangga, kemarin dikembalikan di rumah dan ditaruh di dapur. Jadilah kakak melihat dan bermain dengan timbangan tersebut.
            Di dekat timbangan itu ada tutup keranjang baju kotor. Jadilah obyek pertama yang ditimbang kakak adalah tutup keranjang tersebut. “Ini gimana caranya menimbang bunda”, kakak nanya. “Taruh tutup di wadah kak, trus yang bagian kanan, dikasih bandul mulai yang terkecil”, jawab saya sambil mengupas sayur dan bumbu di dapur. “Ini bunda?”, dia bertanya sambil mengambil bandul yang besar”. “Bukan kakak, ambil dari bandul yang terkecil, kalau kurang trus yang lebih besar kak”, jawab saya mencoba menjelaskan dengan cara yang sederhana. Akhirnya dia mencoba memberi bandul yang terkecil, tapi ternyata belum seimbang. Akhirnya diganti dengan yang bandul atasnya yang 1 ons an ternyata agak lebih. “Kakak tutup ini beratnya, 1 ons kurang dikit kak”.
            Kakak pun senang, akhirnya dia mengambil benda lain untuk ditimbang lagi. “Aku nimbang apa lagi bunda?”. Sempat celingukan saya mencari benda yang aman dan tidak gampang pecah untuk ditimbang, kalau mangkok gampang pecah, kalau telur juga gampang pecah, akhirnya saya mengambil bawang putih yang tidak saya kupas buat ditimbang kakak. “Ini kak ditimbang” sambil saya kasih beberapa bungkul bawang putih. Kemudian dia kasih bandul yang terkecil yang setengah ons, ternyata masih kurang. Akhirnya, dia ambil yang lebih besar lagi yang 1 ons. Ternyata juga lebih dikit. “Kakak bawang putih ini beratnya 1 ons kurang dikit”, “Horee, aku bisa menimbang” serunya. Hehe Alhamdulillah walaupun masih sangat awam kakak merasa ‘sudah bisa’. Gapapa yang penting dia bisa belajar matematika secara menyenangkan yaitu menimbang walau dia tidak menyadari.

#Hari5
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#IloveMath
#MathAroundUs

No comments:

Post a Comment