Tuesday, January 9, 2018

Fitrah Seksualitas Solusi Aplikatif Pendidikan Seksualitas Sejak Dini (Review Hasil Presentasi Kelompok 4)



            Tadi malam di tengah cuaca hujan yang deras dan suasana malam yang syahdu, kelompok 4 telah berhasil melakukan presentasi dengan cukup gemilang. Beranggotakan bunda Phita, bunda Mauliditya, bunda Dhaniar, bunda Rella, bunda Windar dan bunda Dissa, kelompok 4 mengangkat tema tentang solusi aplikatif pendidikan seksualitas sejak dini.
            Mengulangi pengertian tentang fitrah seksualitas yaitu bagaimana seseorang berfikir, merasa, dan bersikap sesuai fitrahnya sebagai lelaki/perempuan sejati, kelompok 4 menambahkan pengertian seksualitas yaitu ciri, sifat, atau peranan seks, dan pendidikan seksualitas yang mencakup tentang bagaimana seorang berpikir, bersikap, merasakan kasih sayang, mengekspresikan(Elly Risman, S.Psi.).
            Menurut kelompok ini, aplikasi pendidikan seksual usia dini secara general adalah:
1.    Kenalkan anak dengan bagian tubuh sejak usia pra sekolah sesuai jenis kelaminnya;
2.    Ajarkan tentang sentuhan kasih sayang, dan siapa yang boleh melakukannya pada mereka;
3.    Memasuki usia sekolah dasar, bisa diberi pengetahuan soal menstruasi, mimpi basah, akibat perubahan hormon pada tubuh.
Kemudian disebutkan juga tantangan gender jaman sekarang yang berada dalam keluarga, antara lain kurangnya ilmu ayah bunda dalam memenuhi peran keayahbundaan yang berdampak pada konsep yang samar pada anak tentang gender role stereotype. Belum tuntasnya penguatan konsep gender yang diberikan orang tua pada anak perilaku keseharian yang mengakibatkan anak bisa memiliki aktifitas yangkurang sesuai dengan gendernya. Adapun tantangan gender jaman sekarang di masyarakat adalah penuntutan kesetaraan gender yang kurang sesuai dengan porsinya, yang berdampak semakin menjauhkan ibu dalam memenuhi peran kebundaan. Dan upaya pergeseran opini tentang fitrah seksualitas yang berdampak ayah, ibu dan anak tidak menunaikan, memelihara, dan memupuk fitrah seksualitasnya dengan benar. Adapun dalam dunia hiburan, tantangan yang dihadapi adalah pemakluman pertukaran peran laki-laki dan perempuan baik di media TV maupun live event.
Dari semua tantangan di atas, yang harus ayah bunda lakukan untuk menyikapi berbagai tantangan di atas adalah dengan memahami dan memupuk fitrah seksualitas anak sesuai umur.

#Hari4
#Tantangan10Hari
#Level11
#KuliahBunsayIIP
#MembangkitkanFitrahSeksualitasAnak



No comments:

Post a Comment