Friday, January 12, 2018

Pentingkah Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak? (Hasil Review Presentasi Kelompok VII)

            Tema di atas diusung oleh kelompok VII yang beranggotakan bundaWinda, bunda Reni, bunda Maulida, bunda Nani Dian, bunda Diawinasis, dan bunda Madinatus. Setelah memperkenalkan diri mereka mulai presentasi dengan menampilkan slide yang berisi berbagai pertanyaan tentang fitrah seksualitas. Diantaranya, siapa yang berperan membangkitkan fitrah seksualitas?, kapan dimulai membangkitkan fitrah seksualitas, dimana membangkitkan fitrah seksualitas, mengapa penting membangkitkan fitrah seksualitas, bagaimana cara membangkitkan fitrah seksualitas.
            Pertanyaan tersebut kemudian satu persatu dilempar ke forum untuk dijawab audience. Kemudian bunda Diawinasis memandu forum dari jawaban yang bermunculan, dari pertanyaan siapa yang berperan membangkitkan fitrah seksualitas anak yaitu orang tua dan masyarakat. Kemudian dari pertanyaan sejak kapan fitrah seksualitas dibangkitkan, megacu pada framework FBE dimulai sejak anak lahir, bahkan ada yang pendapat yang menyatakan bahwa mendidik seorang anak berawal sejak kita memilihkan calon ayah dan calon ibu untuk anak kita. Sedangkan cara membangkitkan fitrah seksualitas anak pertahap usia sesuai yang telah dijelaskan oleh kelompok-kelompok sebelumnya.
            Kemudian ditampilkan slide tentang berbagai tantangan yang dihadapi seputar gender. Mulai dari fatherless country, pengaruh media dan hiburan, kekerasan seksual pada anak, hingga LGBT.
            Selanjutnya ditampilkan tips membedakan jenis kelamin bagi anak umur 2-3 tahun. Siapkan foto setiap anggota keluarga, kemudian tanyakan ke anak jenis kelamin dari setiap foto. Apabila sudah bisa diajak komunikasi 2 arah bisa dapat diajak berdiskusi tentang ciri-ciri laki-laki dan perempuan.
            Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Diantaranya tentang perlukah membedakan pakaian anak sejak bayi. Ada yang berpendapat boleh dengan catatan si anak merasa enjoy dan nyaman.

#Hari7
#Tantangan10Hari
#Level11
#KuliahBunsayIIP
#MembangkitkanFitrahSeksualitasAnak


No comments:

Post a Comment