Saturday, January 6, 2018

Pentingnya Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak




                Alhamdulillah kemarin malam kelompok 1 sudah memulai presentasi tentang tema Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak. Dengan moderator bunda Fajar Anisa dan bunda Reny Dewi sebagai presentator, ditambah anggota bunda Dini W, bunda Hikmah FM, bunda Isti N, bunda Nadia A, bunda Abhida A dan bunda Chitra H., mereka memaparkan hasil diskusi mereka dengan lancar. Ditutup dengan closing slide yang keren, kelompok 1 telah membuka 10 hari presentasi dengan luar biasa.
                Isi dari presentasi kelompok 1 antara lain tentang pengertian seksualitas menurut Ust. Harry Santosa, yaitu bagaimana seseorang berpikir, merasa, bersikap, dan bertindak sesuai dengan gendernya. Yang mana pengertian fitrah seksualitas ini lebih luas dan kompleks dari pendidikan seks semata. Fitrah seksualitas keperempuanan adalah bagaimana seseorang perempuan berpikir, merasa, bertindak, bersikap, berpakaian dll sebagai seorang perempuan. Begitu juga fitrah seksualitas kelelakian adalah bagaimana seseorang lelaki itu berpikir, merasa, bertindak, bersikap, berpakaian dll sebagai seorang lelaki.
                Dipaparkan juga bahwasanya fitrah seksualitas seorang anak perlu dikembangkan dan diposisikan sesuai gendernya masing-masing agar mereka bisa mencapai kematangan fisik mental secara bersamaan yang kelak dapat mewujudkan peran keayahbundaan sejati. Keudian dijabarkan pula langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menumbuhkan fitrah seksualitas pada anak, begitu juga disebutkan indikatornya pada tiap langkah tersebut.
                Selanjutnya dipaparkan tentang tantangan dan solusi tentang gender yang dihadapi saat ini, diantaranya adalah kurangnya peran ibu dan terutama ayah dalam pengasuhan yang mana solusinya mengembalikan fitrah ayah dan ibu sebagai pendidik utama anak-anak, anak tidak disiapkan menjadi suami/istri atau ayah/ibu yang baik yang solusinya adalah dengan mengaktifkan kembali pendidikan fitrah seksualitas anak yang berujung pada tercapainya peran ayah ibu sejati, seksualitas marak di luar rumah yang solusinya adalah perkuat kelekatan orang tua dan anak, serta semakin maraknya LGBT yang solusinya adalah figur ayah dan bunda harus slalu hadir dalam setiap tahap perkembangan anak.

#Hari1
#Tantangan10Hari
#Level11
#KuliahBunsayIIP
#MembangkitkanFitrahSeksualitasAnak

No comments:

Post a Comment