Monday, January 8, 2018

Perbedaan Antara Gender dan Sex (Review Hasil Presentasi Kelompok 3)



            Setelah 2 kelompok sebelumnya tampil memukau, tak mau kalah kelompok 3 yang terdiri dari bunda Lucky, bunda Anggraeni, bunda Reka, dan bunda Ismi juga tampil menawan semalam. Mengambil tema perbedaan sex dan gender, mereka mengawali presentasi mereka dengan sebuah tayangan slide dari youtube.
            Kemudian bunda Ismi sebagai moderator memancing respon audiens tentang tayangan tersebut. Banyak bunda yang antusias menjawab. Kemudian anggota kelompok 3 yang lain yaitu bunda Lucky menjelaskan dalam bentuk slide tentang perbedaan antara sex dan gender. Yaitu sex berarti perbedaan laki-laki dan perempuan sebagai makhluk yang secara kodrati memiliki fungsi-fungsi organisme yang berbeda. Dalam arti  perbedaan jenis kelamin seks mengandung pengertian laki-laki dan perempuan terpisah secara biologis.
            Sedangkan gender adalah perbedaan peran, fungsi, dan tanggungjawab antara laki-laki dan perempuan yang merupakan hasil konstruksi sosial dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman.
            Kemudian diuraikan pula dampak dari kesalahan memaknai sex dan gender, yaitu kesalahan pemaknaan tersebut tersebut dalam pendidikan anak yang di rumah. Yaitu orang tua akan membolehkan anak laki-laki memakai anting, dsb. Begitu juga anak perempuan didandani menyerupai laki-laki. Di sisi lain keidaktahuan akan makna akan mengkerdilkan anak dengan tidak mengajarkan life skill seperti memasak, mencuci, menyetrika pada anak laki-laki karena dianggap unsur perempuan. Begitu pula anak perempuan tidak diperbolehkan berurusan dengan dunia otomotif karena itu dunia laki-laki dsb.
            Sehingga memahami sex dan gender dengan benar menjadi hal yang penting sehingga mampu mengarahkan buah hati tetap pada fitrahnya.
#Hari3
#Tantangan10Hari
#Level11
#KuliahBunsayIIP
#MembangkitkanFitrahSeksualitasAnak


No comments:

Post a Comment