Saturday, December 16, 2017

Dongeng Anak Yang Mandiri




                Akhir Nopember sampai awal Desember lalu suami liburan semester bertepatan dengan anak-anak pondok libur. Alhmadulillah dengan suami libur, Fikri jadi bisa terawat full terutama maemnya, karena seringnya hari-hari biasa saya tinggali ngelesi jadi sering dia makannya kurang terperhatikan. Bukan hanya makan, tapi juga mandi, sekolah, main dan lain-lain Fikri bisa diperhatikan dan terurus full oleh ayahnya.
                Namun sisi negatifnya, karena suami tidak telaten menunggui Fikri makan yang Cuma diambil lauknya aja, atau makan ala kadarnya, jadilah beliau kadang bahkan sering menyuapi Fikri makan agar makannya habis banyak. Iya sih memang bisa habis banyak makannya. Tapi efeknya sekarang, ketika beliau sudah masuk normal lagi, Fikri jadi terbiasa minta disuapi lagi waktu makan. alias kembali tidak mandiri lagi. Ketika saya bujuk dia untuk makan sendiri, dia malah bilang kalau sama ayah selalu disuapi, haduhhh.
                Cara terefektif saya menasihatinya saat ini adalah dengan dongeng. Sedikit atau banyak efektifitas dongeng sangat saya rasakan dalam pembentukan karakter Fikri sekarang ini. Jadilah nasihat apapun yang ingin saya sampaikan ke Fikri, saya kemas dalam bentuk dongeng pendek. Mengingat konsentrasi anak hanya 1menit x usianya, jadi bila usia Fikri 4 tahun, konsentrasinya hanya 4 menit. Makanya saya karangkan dongeng yang singkat tapi mengena. Adapun narasi dongeng agar Fikri bisa maem sendiri adalah sebagai berikut:
                Adalah Moch Narendra, si anak yang sangat mandiri. Bangun tidur dia tidak menangis bila ayah bundanya tidak ada. Itu berarti ayah bundanya lagi berada di kamar mandi atau musholla untuk sholat. Maka bila dia ingin pipis, dia akan ke kamar mandi sendiri. Lepas celana sendiri, pipis dan cebok sendiri juga memakai celana lagi sendiri. Terus jika ayah bundanya selesai sholat, dia akan segera menyiapkan iqra untuk mengaji. Begitu juga ketika pagi hari bundanya sudah membuatkan sarapan, dia akan makan sendiri nasi sayur dan lauknya sampai habis, terus tanpa disuruh bundanya, Fikri langsung ke belakang untuk mengajak mandi. Setelah selesai memakai seragam, dia akan pakai kaos kaki dan sepatu sendiri sambil menunggu bundanya selesai siap-siap. Begitu pula di sekolah, dia akan mengerjakan semuaperintah bu guru dengan baik, sehingga dia menjadi anak yang berprestasi dan mandiri. Amin.       

#Hari10
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination









No comments:

Post a Comment