Saturday, December 2, 2017

Dongeng Anak yang Rajin Mengaji




                Bismillah alhamdulillah sudah menginjak tantangan ke-10 yang bertemakan mendongeng. Sebenarnya hal ini sudah sering saya praktekkan ke Fikri dan alhamdulillah lumayan mengena. Cuma sebelumnya saya hanya iseng saja mendongeng tersebut. Alhamdulillah dengan adanya tantangan ini, jadi berusaha untuk menjadi pendongeng anak yang lebih prodesional hehe.
                Biasanya saya mendongeng jikaingin memasukkan pesan kepada anak secara tidak kentara. Dengan tokoh yang saya miripkan dengan Fikri. Dan jenis dongengnya pun bergantung kebutuhan. Nah akhir-akhir ini saya menghadapi masalah tentang ritme mengaji Fikri yang belum konsisten. Tidak seperti waktu mengaji iqra’ 1 dan 2 sebelumnya yang begitu tertib, untuk iqra’ 3 kali ini dia berkesan kurang semangat dan ogah-ogahan. Berbagai cara saya coba agar Fikri bisa tertib mengaji. Mulai dari menjanjikan hadiah bila selesai hal tertentu. Mengajak jalan-jalan bila Fikri bisa tertib mengaji dan lain-lain. Namun hasilnya masih belum kelihatan. Akhirnya saya coba mendongeng sebelum dia tidur untuk memotivasinya agar rajin dan tertib mengaji.  Saya mulai dari hal yang sangat sederhana, belum sampai ke masalah pahala dan dosa. Begini narasi dongeng tersebut.
                Alkisah dulu ada seorang anak yang sangat rajin mengaji. Dia selalu tertib mengaji setiap hari, walau Cuma 1 baris. Kebetulan dia sampai iqra 3 seperti kakak Fikri. Hari berganti hari, bulan berganti bulan. Tak terasa anak yang hanya mengaji 1 baris sehari  tapi selalu rutin ini akhirnya bisa mengkhatamkan iqra’ 3. Ayah dan bundanya sangat bahagia dan bangga dengan anak tersebut. Kemudian ayahnya membelikan mobil remot sebagai hadiah baginya. Dia pun sangat senang dan semakin rajin mengaji iqra’ berikutnya.
                Demi mendengar dongeng tersebut Fikri langsung bilang, bunda esok aku mau mengaji 4 baris. Alhamdulillah batin saya. Semoga besok Fikri benar-benar mau mengaji secara tertib  setiap hari walaupun cuma 1 baris, syukur-syukur bis lebih. Amin 

#Hari1
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

No comments:

Post a Comment