Monday, December 4, 2017

Si Malas Sikat Gigi dan Gigi Berlubang



                Ketika lagi nonton film kartun di tivi, Fikri kadang melihat iklan tentang pasta gigi dan juga kuman yang memakan gigi jika tidak melakukan gosok gigi. Hal tersebut sering saya jadikan bahan untuk menasihatinya agar rajin gosok gigi. Dan alhamdulillah lumayan mengena juga. Tapi yang namanya juga anak-anak, kadang ingat tapi kalau sudah keburu mengantuk kadang lupa.
                Seperti kemarin malam, biasanya Fikri bakda Magrib makan malam, lihat kartun sampai mengantuk trus kemudian tidur setelah sebelumnya cuci kaki cuci tangan gosok gigi dan ganti baju “rabbit”. Namun malam itu setelah menonton film kartun dia langsung mengantuk dan bubuk tanpa ganti baju ataupu cuci kaki dan tangan serta gosok gigi. Saya pun merayunya agar ganti baju dulu biar bubuknya nyaman dan juga sikat gigi biar giginya tidak dimakan kuman. Karena tidak mempan rayuan saya, akhirnya saya duduk di pinggir tempat tidur dengan posisi nyaman dan mulailah mendongeng. Fikri yang tadinya sudah menutup mata ternyata membuka mata juga demi mendengar saya mendongeng.
                Begini narasi dongeng saya.
                Dahulu ada mbak-mbak yang suka makan coklat, permen dan juga makanan yang manis-manis tapi tidak suka menyikat gigi. Padahal ayah bundanya sudah menyuruhnya untuk menyikat gigi tapi dia bandel. Hari berganti hari, kebiasaan buruknya yang tidak mau sikat gigi membuat giginya menjadi gigis alias berlubang dan lama-lama menjadi hitam bahkan ada yang habis tidak bersisa karen dimakan kuman. Pernah juga dia mengaduh kesakitan akibat giginya yang berlubang karena dimakan kuman. Setelah terkena penyakit gigi tersebut si mbak itu akhirnya sadar akan pentingnya menggosok gigi, tapi sayang giginya sudah terlanjur dimakan kuman dan habis.
                Setelah mendengar dongeng saya, alhamdulillah Fikri segera bangun dan bilang kalau ingin ke belakang untuk sikat gigi agar giginya tidak dimakan kuman. Alhamdulillah ternyata dongeng saya barusan mengena sehingga Fikri yang awalnnya malas-malasan skat gigi menjadi bersemangat kembali untuk sikat gigi terytama menjelang tidur. Semoga kebiasaannya tersebut berlangsung seterusnya amin.

#Hari3
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination


No comments:

Post a Comment