Saturday, December 16, 2017

Dongeng Anak Yang Rajin Beres-Beres




                Pada siang itu Fikri ikut les bersama mbak-mbak dan mas-mas dengan membawa perlengkapan lesnya berupa tas sekaligus isinya dan juga crayon 1 box. Mulanya dia juga ikut belajar entah itu dengan mewarnai atau pun hanya dengan corat coret di papan tulis. Biasanya selesai belajar, dia akan otomatis merawati mainan atau pun barang-barang kepemilikannya. Namun pada saat waktunya mbak-mbak dan mas-mas selesai les, Fikri pun ngacir ikut bermain dan juga memetik jambu tetangga. Ketika saya teriakin untuk membereskan mainannya dan bukunya dahulu, dia malah bilang biar diberesin bunda. Waduh keki deh jadinya. Sudah harus membereskan bangku-bangku dan lain-lain ditambah perlengkapan Fikri segala.
                Malamnya menjelang tidur setelah melaksanakan ritual bersih-bersih, akhirnya saya nasehati dia agar membereskan apa saja kepemilikannya ketika selesai digunakan dengan perantara sebuah dongeng. Alhamdulillah walaupun dia kelihatannya cuek, namun ketika didongengi sedikit banyak juga mendengarkan. Malah bisa membantu memberi nama si pelaku dongeng hehe. Begini narasi ceritanya:
                Tersebutlah seorang anak yang rajin beres-beres. Anak ini bernama Mohammad Narendra. Dia rajin membereskan barang-barang miliknya setelah dia gunakan. Contohnya selesai bermain, dia membereskan mainannya, selesai belajar dia membereskan buku-buku dan peralatan menulisnya, selesai makan dia membereskan piringdan membawanya ke tempat cuci piring. Alhamdulillah dengan kebiasaannya ini barang-barang miliknya menjadi terjaga dan awet dan tidak mudah hilang.
                Berbeda dengan temannya yang bernama Andi. Andi ini adalah aak yang tidak suka beres-beres. Selesai main mainannya ditinggal begitu saja. Akibatnya mainannya dan barang-barangnya jadi banyak yang hilang, sehingga dia harus sering beli mainan lagi yang mengakibatkan jadi boros.
                Nah begitu ceritanya kakak, kakak pilih jadi seperti Moh Narendra atau Andi hehe tentu saja yang rajin seperti Moh Narendra ya...okey sudah malam cepet bubuk ya jangan lupa berdoa dulu, kata saya sambil mebimbingnya untuk berdoa sebelum bubuk. Alhamdulillah.

#Hari8
#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination







No comments:

Post a Comment