Thursday, November 9, 2017

Hunting Sarana Belajar Membaca Fikri



            Beberapa bulan ini saya berusaha mengajari Fikri membaca. Dari mulai vokal kemudian lanjut ke konsonan. Dulu waktu awal-awal belajar membaca, Fikri begitu semangat. Namun akhir-akhir ini semangatnya untuk belajar membaca latin dan juga iqra’ menurun dan dia lebih senang menonton kartun. Berawal dari kesenangannya menonton kartun inilah akhirnya saya mencoba mencari-cari sarana belajar membaca Fikri yang lebih dominan visual.
            Saya ingat dulu waktu awal-awal belajar huruf hijaiyah, kami mendonloadkan Fikri video mengaji diva. Dan alhamdulillah setelah melihat video diva, kemudian saya ajari sendiri dan kemudian hasil mengajinya saya tempel huruf per huruf di tembok kamar, akhirnya dia bisa dengan mudah diajari mengaji iqra’ 1 dan kemudian iqra’ 2. Lha untuk yang iqra’ 3 ini masih sedikit macet ngajinya.
            Berkaca dari pengalaman belajar huruf hijaiyah tersebut, kemarin saya donload video diva membaca seri 1-6. Tujuan saya agar daripada Fikri cuma menonton kartun biasa, sekalian saja sambil belajar membaca. Alhamdulillah di sekolah ada jaringan wifi, jadi bisa donlod dengan lancar hehe.
            Saya baru ngasih tahu Fikri kalau didonlodkan video membaca sebelum mandi sore hari. Langsung dia minta diputarkan. Setelah saya pindah ke flshdisk dan saya hubungkan ke TV lalu saya carikan video tersebut untuk ditonton Fikri, saya tinggal untuk mandi dan sholat. Setelah selesai dan menghampiri Fikri untuk mandi, betapa kecewanya saya ternyata yang dia lihat sudah bukan video membaca lagi tapi kartun biasa. Malamnya juga dia saya rayu buat diputarkan video membaca juga belum mau. Yah apa boleh buat, memang tidak bisa memaksa anak belajar. Semoga nanti atau besok Fikri bisa tergerak untuk belajar lagi atau pun semoga saya bisa menemukan cara lain yang lebih kreatif untuk mengajarinya belajar membaca, amin.

#Hari7
#Tantangan10Hari
#Level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreatif






No comments:

Post a Comment